PENGENDALIAN LAMPU LALU LINTAS BERBASIS KOMPUTER PROGRAM VISUAL BASIC 6.0 (TE-18)

BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang

Lampu lalu lintas adalah lampu yang digunakan untuk mengatur kelancaran lalu lintas di suatu persimpangan jalan dengan cara memberi kesempatan pengguna jalan dari masing-masing arah untuk berjalan secara bergantian. Karena fungsinya yang begitu penting maka lampu lalu lintas harus dapat dikendalikan atau dikontrol dengan semudah mungkin demi memperlancar arus lalu lintas di suatu persimpangan jalan. 

Hal itu disebabkan karena seiring dengan perkembangan zaman sekaligus perkembangan teknologi, jumlah kendaraan yang ada juga bertambah banyak dan lalu lintas di jalan juga bertambah padat. Sebagian besar pengendalian lampu lalu lintas pada saat ini masih menggunakan timer dan waktu nyala lampu sudah di setting dari awal. Hal itu menyebabkan operator sulit untuk mengubah waktu nyala lampu lalu lintas pada tiap-tiap arah setiap saat, menyesuaikan kondisi jalan dan kepadatan kendaraan yang ada pada tiap ruas jalan. Hal itu adalah sebagian kekurangan pengendalian lampu lalu lintas pada saat ini.

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah pengendali lampu lalu lintas khususnya pada simpang empat yang dapat dioperasikan dengan mudah sekaligus bisa digunakan untuk mengatur waktu nyala lampu pada tiap-tiap arah setiap saat menyesuaikan kepadatan kendaraan maupun kondisi jalan. Selain itu juga, kondisi lampu pada waktu-waktu tertentu bisa disesuaikan.

Salah satu solusi untuk masalah tersebut diatas adalah dengan merancang sebuah pengendali lampu lalu lintas dengan menggunakan komputer berbasis Visual Basic 6.0. Pengendali ini memanfaatkan port paralel komputer untuk interfacing. Port yang digunakan adalah Data Port (DP) dan Printer Control (PC) yang berjumlah 12 pin sehingga cukup untuk mengendalikan 12 keadaan lampu.


Pengendali lampu lalu lintas ini memudahkan polisi lalu lintas sebagai operator didalam mengendalikan nyala lampu lalu lintas sekaligus memperlancar laju lalu lintas disuatu ruas jalan. Pengendaliannya dilakukan dengan menggunakan pointer mouse, dengan cara meng-klik kondisi / kontrol lampu yang diinginkan. Dalam hal ini dipilih sistem kendali dengan komputer berbasis Visual Basic 6.0 karena pengaksesan hardware yang tergolong sederhana dan mudah dalam pemrogramannya.

Keunggulan dari pengendali ini adalah:
1. Waktu nyala lampu bisa diatur setiap saat menyesuaikan kondisi jalan.
2. Kondisi nyala lampu bisa di set pada waktu-waktu tertentu.
3. Biaya yang dibutuhkan tidak terlalu mahal.
4. Pengendali ini bisa mempergunakan komputer dengan spesifikasi yang minim.





Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan