Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Return On Assets, Dan Besaran Perusahaan Terhadap Perubahan Laba Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Jakarta (Bej) (BANK-18)

Perubahan laba pada perusahan perbankan merupakan salah satu kinerja perusahaan yang menjadi pusat perhatian para investor. Para investor dalam menilai perusahan tidak hanya melihat laba yang dihasilkan dalam satu periode melainkan terus  memantau perubahan laba dari tahun ke tahun. Salah satu cara memprediksi perubahan laba  adalah  dengan  menggunakan  analisis  rasio  keuangan  diantaranya adalah CAR, LDR dan ROA. Dalam penelitian ini ditambahkan satu variabel yaitu besaran  perusahan  (SIZE).  Permasalahan  yang  akan  dikaji  dalam  penelitian  ini adalah adakah pengaruh CAR, LDR, ROA, dan SIZE terhadap perubahan laba satu tahun  kedepapada perusahan  perbankan  yang  terdaftadBEJ  secara simultan maupun secara parsial. Dengan tujuan penelitian  yaitu  untuk mengetahui pengaruh CAR,  LDR,  ROA,  dan  SIZE  terhadap  perubahan  labsatu  tahun  kedepan  pada perusahaan perbankan yang terdaftar di BEJ secara simultan maupun secara parsial.

Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan perbankan yang terdaftar di BEJ  periode  1999-2004  yang  berjumlah  16  perusahaan.  Ada  lima  variabel  yang dikaji dalam  penelitian  ini yaitu: CAR, LDR,  ROA, SIZE,  dan Perubahan  Laba. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi linier ganda dengan menggunakan alat bantu program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan CAR, LDR, ROA, dan SIZE secara simultan mempunyai pengaruh  yang signifikan terhadap perubahan laba satu tahun sebesar

22,8%. Secara parsial CAR, LDR, dan ROA berpengaruh positif terhadap perubahan laba  masing-masing sebesar 7,84%, 14,59%, dan 10,24%.  Sedangkan SIZE  tidak berpengaruh  terhadap perubahan laba. Sarayang dapat diberikan penulis  dalam penelitian ini adalah:  (1) Dalam pembuatan keputusan menyangkut investasi pada saham-saham perbankan di  pasar modal, investor hendaknya memperhatikan jenis rasio keuangan dan jangka waktu  kegunaan rasio-rasio  keuangan yang digunakan dalam industri perbankan. (2) Perusahan harus selalu menjaga kinerja keuangan yang terdiri  dari  CAR,  LDR,  ROA,  dan  SIZE,  karena  rasio  tersebut  digunakan  oleh investor  sebagai  bahan  pertimbangan  sebelum  berinvestasi.  (3)  Bagi  penelitian selanjutnya agar mengganti tolok ukur untuk mengukur  SIZE agar dapat diperoleh pengaruh SIZE yang lebih rinci.






Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan