Penerapan Model Group Investigation Dalam Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SDI An-Nur (IPS-2)

Dalam pembelajaran kooperatif model group investigation ini, proses belajar betul-betul diutamakan saling membantu di antara anggota kelompok, interaksi sosial menjadi salah satu faktor penting bagi perkembangan skema mental yang baru. Dimana dalam pembelajaran ini memberi kebebasan kepada pembelajar untuk berfikir secara analitis, kritis, kreatif, reflektif dan produktif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan dengan mengambil tema yang berkaitan dengan model pembelajaran dengan maksud untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah proses pelaksanaan model group investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nur, Kauman? (2) Bagaimanakah kendala-kendala pelaksanaan model group investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nur, Kauman? (3) Bagaimanakah hasil pelaksanaan model group investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nur, Kauman?
Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1)  Untuk mengetahui proses pelaksanaan model group investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nuur, Kauman. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala pelaksanaan model group investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nur, Kauman. (3) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan model group investigation dalam pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nuur, Kauman.

Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah pengalamn serta wawasan dalam bidang penulisan maupun penelitian. Bagi SDI An-Nuur Kauman Tulungagung sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan mutu kualitas pengajaran, baik bagi guru maupun lembaga pendidikan. Bagi para pembaca sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti.
Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan reflkesi. Untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan empat siklus PTK.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat siklus belajar. Subjek pengumpulan data pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SDI An-Nuur Kauman Tulungagung pada semester genap tahun ajaran 2010-2011. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi tes untuk hasil belajar. Selanjutnya data akan dianalisis secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (1) Pada proses penerapan model group investigation, ada enam tahapan yang menuntut keterlibatan anggota tim, yaitu sebagai berikut: identifikasi topik, perencanaan tugas belajar, pelaksanaan kegiatan penelitian, persiapan laporan akhir, presentasi penelitian dan evaluasi. (2) Untuk kendala-kendala yang terdapat pada penerapan model group investigation secara garis besar sebagai berikut: dalam diskusi kelompok masih ada siswa yang pasif, siswa masih merasa kurang percaya diri untuk bertanya ataupun memberikan tanggapan, masih ada beberapa siswa yang kurang memperhatikan pada saat kelompok lain presentasi hasil kerjanya terdapat gangguan dalam proses belajar yang disebabkan anak kelas lain ramai di dekat kelas. Penerapan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi masalah-masalah sosial di lingkungan setempat (3) Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa pada tes akhir tindakan I nilai  rata-rata yang diperoleh siswa adalah 58,5 naik menjadi 65,4 (siklus II), dan naik menjadi 70,8 (siklus III), dan menjadi 80 (siklus IV). Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model group investigation dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SDI An-Nuur Kauman Tulungagung tahun ajaran 2010/2011

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan