PENGARUH KUALITAS AKTIVA PRODUKTIF TERHADAP PROFITABILITAS PADA PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK (BANK-9)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Kualitas Aktiva Produktif (X) terhadap Profitabilitas (Y) pada PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana dan analisis korelasi (r), analisis determinasi (r2) dan uji-t (parsial). Dari hasil perhitungan regresi berganda diperoleh persamaan regresi berganda yaitu Y^ = 0,075 + 0,022X, 

Dari persamaan regresi tersebut, dapat diketahui bahwa koefisien intercept (a) dari persamaan di atas adalah sebesar 0,075 yang mengandung pengertian bahwa pada saat Kualitas Aktiva (X) tetap, maka tingkat perolehan Profitabilitas (Y) adalah sebesar 0,075. Dari persamaan di atas juga dapat diketahui bahwa jika Kualitas Aktiva Produktif (X) naik sebesar 1% maka Profitabilitas (Y) akan naik sebesar 0.022. Hasil korelasi (r) antara Kualitas Aktiva Produktif (X) dan Profitabilitas (Y) koefisien diperoleh R = 0,988 yang menunjukkan terjadi korelasi yang sangat kuat antara Kualitas Aktiva Produktif dan Profitabilitas. Hal ini berarti bahwa apabila Kualitas Aktiva Produktif meningkat, maka Profitabilitas juga meningkat. 

Sedangkan kontribusi Kualitas Aktiva Produktif dapat dilihat melalui nilai koefisien determinasi yang diperoleh yaitu R2 = 0,806, yang berarti bahwa Kualitas Aktiva Produktif berpengaruh sebesar 80,6% terhadap Profitabilitas, sedangkan sisanya yaitu sebesar 19,4% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Dengan membandingkan statistik hitung dengan statistik tabel. Jika statistik thitung< t tabel , maka H0 diterima. Sedangkan jika Jika statistik thitung> t tabel , maka H¬0 ditolak. 

Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 3,531 dengan probabilitas (Sig.) sebesar 0,039. Hasil statistik ttabel pada tingkat signifikansi 5% dengan degree offreedom (df) = n-2 atau 5-2 = 3 (pengujian dua sisi), maka diperoleh ttabel = 3,18245. Dari hasil perbandingan terlihat bahwa nilai thitung>ttabel ,maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh kualitas aktiva produktif terhadap Profitabilitas diterima karena nilai t hitung > t table. Hal ini dimungkinkan karena aktiva produktif merupakan komponen aset yang ditanamkan atau diinvestasikan untuk menghasilkan pendapatan buat perusahaan, jadi, semakin berkualitas suatu aset maka semakin besar kemungkinan profit yang akan diterima perusahaan.
Klik Download Untuk mendapatkan File Lengkap


 

Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan