Pengaruh Minat Belajar Matematika Siswa Terhadap Kreativitas Numerik Siswa SMPN I Pagerwojo (PMT-31)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan merupakan ranah yang setrategis sebagai modal membangun bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat. Sejak kecil kita sudah dihadapkan dengan yang namanya pendidikan, mulai dari pendidikan dari orang tua, lingkungan keluarga, maupun lingkungan masyarakat. Pendidikan kita yang paling mendasar adalah dari orang tua, karena orang tualah yang nantinya akan membentuk karakter dari seorang kader bangsa. Oleh karena itu pengembangan kualitas manusia dijadikan sebagai paradigma pembangunan, yang mana dalam pengembangan paradigma itu diperlukan pendidikan dan pelatihan yang harus ditempatkan sebagai pilar atau pondasi utama.
Kontinuitas proses pertumbuhan bangsa menuju kearah masa depan yang lebih baik sangat dipertaruhkan oleh usaha peningkatan kualitas manusia sebagai warga Negara. Usaha untuk menuju kearah tersebut dibutuhkan keharusan dan kesungguhan yang tinggi untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pemerataan pendidikan nasional pada seluruh wilayah, lapisan dan segala komponen masyarakat. Pembangunan manusia menjadi bermakna hanya dengan menciptakan kebahagiaan pada manusia. Pendidikan mempunyai peran dalam meningkatkan kualitas kebahagiaan sekaligus kualitas kerja dan produktivitas.
Negara mempunyai hak untuk menentukan tujuan pendidikan dari anggota warganya. Semakin masyarakat menjadi terbuka atau menjadi modern, proses pendidikan dituntut untuk menyesuaikan diri dengan perubahan masyarakat. Yang semula pendidik informal digantikan oleh pendidik profesional. Berdasarkan pengalaman jatuh bangun dari peserta didik di dalam menghadapi persoalan-persoalan kehidupan, dia belajar memperoleh kebijaksanaan sendiri secara mandiri berkat bantuan pendidik profesional.
Sebagaimana yang dikodratkan oleh Tuhan YME bahwa manusia diciptakan sebagai makhluk yang paling sempurna di banding dengan makhluk lain. Manusia diberi insting, perasaan juga akal dan fikiran. Dengan akal, manusia dapat menemukan berbagai cara dalam menyelesaikan persoalan hidup yang ditemuinya. Untuk menyelesaikan permasalahan yang ditemuinya, manusia di tuntut untuk kreatif dan bisa mengembangkan pemikirannya, walaupun kapasitas berfikir orang satu dengan orang lainnya berbeda-beda.

Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yang harus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya. Sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problematika (permaslahan) yaitu kualitas pendidikan. Meskipun telah kita  ketahui bersama bahwa sudah banyak sekolah-sekolah yang menerapkan sistem Sekolah Rintisan Bertaraf Internasional (RSBI), sebagai wujud proses pengembangan pendidikan di Indonesia, tetapi tidak dipungkiri juga bahwa problematika dalam hal ini merupakan sebuah mata rantai yang sangat panjang dan melingkar dan belum tahu dari mana harus mengawali.
Sejalan dengan kewajiban untuk menuntut ilmu, pemerintah telah menetapkan bahwa setiap warga Negara berhak mendapat pendidikan layak sebagaimana tercantum dalam UUD 1945 dan diatur melalui peraturan pemerintah, sedangkan pelaksanaan program pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa dan bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, beriman, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta tanggung jawab.[1]
Berdasarkan pengamatan sementara permasalahan yang biasa terjadi dalam masyarakat sejak dulu sampai sekarang adalah kurangnya kesadaran dan minat orang tua terhadap pendidikan. Mereka punya anggapan bahwa pendidikan kurang begitu penting dan tidak penting untuk menempuh pendidikan yang tinggi, yang pada ujungnya tidak merubah kehidupan mereka. Apalagi kebanyakan masyarakat pada saat ini masih banyak yang beranggapan anak perempuan tidak perlu menempuh pendidikan yang tinggi karena pada nantinya jika sudah menikah tetap di dapur juga. Anggapan seperti itulah yang nantinya memupus minat belajar dari si anak tersebut.
Belajar, adalah merupakan suatu proses yang komplek yang terjadi pada setiap individu di sepanjang hidupnya. Dengan belajar manusia bisa  mengembangkan pengetahuan yang dimilikinya. Dalam agama Islam juga dianjurkan untuk belajar dan menuntut ilmu, sesuai dengan hadits:
tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina, atau tuntutlah ilmu dari buaian  sampai keliang lahat”.
Menurut hadits tersebut telah jelas bahwa belajar sangatlah penting dan tidak mengenal adanya batasan ruang dan waktu.
Kegiatan belajar matematika adalah kegiatan yang dipilih pengajar dalam proses belajar sehingga memperlancar tercapainya tujuan belajar matematika.[2] Belajar matematika merupakan belajar tentang pokok dari segala macam ilmu pengetahuan, bisa dikatakan bahwa matematika adalah induk dari semua ilmu pengetahuan. Sering kita jumpai bahwa dalam balajar matematika seorang siswa mengalami kesulitan, bahkan ada yang putus asa karena tidak bisa menyelesaikan soal yang diberikan oleh guru. Hal ini terbentur pada kurangnya kemampuan siswa untuk memahami permasalahan matematika yang dihadapi, sedangkan kemampuan memahami soal sangat menentukan keberhasilan siswa dalam menyelesaikan soal.
Penanaman konsep dalam belajar matematika guru sering menyuruh siswa untuk menghafal kemudian menerapkannya dalan soal, sehingga siswa tidak mengetahui dari mana asal mula rumus-rumus tersebut. Dengan cara demikian siswa akan cenderung lebih cepat bosan dan kehilangan minat belajar mereka dan bahkan tidak mahu belajar matematika. Dalam hal ini siswa tidak bisa mengembangkan pola pikir mereka sehingga bisa lebih kreatif. Dalam proses belajar tidak dimaksudkan untuk mengungkung kemerdekaan manusia tapi justru memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi kreativitas serta menemukan sendiri berdasarkan kemampuan memilih dari peserta didik.[3]
Ketika kegiatan pembelajaran telah dimulai, dari situ peran guru sebagai fasilitator dalam proses penyampaian dan juga pemahaman materi yang diajarkan telah dimulai. Apabila seorang pendidik bisa meningkatkan minat belajar terhadap matematika, diharapkan kesulitan-kesulitan yang ada pada diri siswa akan lebih mudah diatasi, sehingga turut mempengaruhi tingkat keberhasilan siswa. Untuk memberdayakan minat belajar siswa, guru/ pendidik tidak harus mengkonsep siswa dengan menghafal rumus-rumus yang telah ada. Sehingga diharapkan nantinya siswa menjadi lebih bisa berfikir kreatif dalam pengembangan dan juga menyelesaikan persoalan yang ada.
Sebagai landasan belajar matematika tentunya harus disertai adanya minat untuk mempelajarinya, sehingga matematika tidak selalu selamanya dipandang sebagai momok pelajaran yang ditakuti. Tetapi  bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan. Daya kreativitas siswa tumbuh karena adanya minat belajar matematika, dimana guru membebaskan siswa untuk berpikir sendiri menurut imajinasinya dalam proses penyelesaian soal-soal yang ada.
Dalam masalah berpikir seseorang akan dapat menemukan sesuatu yang baru, yang sebelumnya mungkin belum ada. Berpikir adalah proses yang dinamis yang dapat dilukiskan menurut proses dan jalannya.[4] Jadi disini berpikir memiliki arah tujuan, bersifat abstrak, dan arahnya ditentukan oleh soal yang harus dipecahkan. Kreativitas merupakan bakat yang telah dimiliki oleh setiap individu, yang dapat diidentifikasi dan dipupuk melalui pendidikan yang tepat. Kreativitas adalah suatu kemampuan untuk memecahkan persoalan yang memungkinkan orang tersebut memecahkan ide yang asli atau menghasilkan suatu yang adaptis (fungsi kegunaan) yang secara penuh berkembang.[5] Pembahasan kreativitas dalam matematika lebih ditekankan pada aspek prosesnya, yakni proses berpikir kreatif dalam penyelesaian suatu bentuk permasalahan. Jadi ketika siswa memiliki minat untuk mempelajari matematika, maka dari situ siswa cenderung lebih senang dalam mengotak-atik persoalan dalam matematika.
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka penulis mengambil sebuah judul untuk penelitian ini “Pengaruh Minat Belajar Matematika terhadap Kreativitas Numerik Siswa Di SMPN 1 Pagerwojo”.






Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Cara Seo Blogger

Contoh Tesis Pendidikan