BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Fenomena industri kendaraan roda dua
di indonesia dewasa ini memeperlihatkan trend peningktan yang sangat
positif(Lihat Tabel 1).Hal tersebut juga dipengaruhi oleh adanya faktor budaya
dan peratyuran tentang uud lalu lintas yang tidak membatasi penggunaan roda dua
di indonesia.hal senada juga dapat dilihat dari tingkat pertumbuhan di kota
besar yang semakin pesat yang mengarah pada semakin padatnya arus transportasi
didalam kota.Meskipun dari segi savety atau keamanan kendaraan roda dua jauh
dibawah kendaraan roda empat tentang masalah keamanan,namun karena alasan
perbedaan harga,efisiensi,budaya dan pertauran lalu lintas yang menyebabkan
ledakan jumlah pertumbuhan kendaraan roda dua di indonesia sangat mencolok
dibandingkan roda empat.
Seiring dengan peningkatan tajam
penggunaan roda dua di indonesia maka tingkat persaingan pun semakin tinggi
diantara industri roda dua yang ada di indonesia,belum lagi munculnya pendatang
baru yang menambah tingkat persaingan semakin tinggi.Pemain lama dalam indusrti
roda dua diIndonesia seperti Yamaha, Honda,Suzuki dan Kawasaki yang sebelumnya meramaikan pasar roda dua diindonesia,kini keempat industri
buatan jepang tersebut mendapat pesaing baru baik dalam kawasan asia sendiri
yaitu india (pulsan),cina,korea dan dari negara Eropa dan Amerika seperti Harley,Ducati,ktm dll.
Baik para pemain lama maupun pemain
baru diatas untuk mempertahankan pangasa pasar maupun menambah pangasa pasar
mereka maisng-masing memiliki konsep strategi marketing
yang baik diawali dengan peran tehnologi,kualitas harga,model serta jaminan
purna jual yang menjadi senjata andalan dari masing-masing industri.
Karena posisi kekuatan dari masing-masing industri nyaris sama,baik dari segi desain,harga,kualitas,tehnologi dan
purna jual yang nyaris sama menyebabkan tingkat persaingan yang semakin tinggi
untuk merebut hati konsumen.Oleh karenanya strategi marketing yang dikemas oleh
masing-masing produsen cenderung lebih memnekenkan pada peran jasa
periklanan yang lebih besar.Pada kondisi ini peran marketing dituntut untuk
dapat memenangkan persaingan tersebut mengingat perilakun pasar kosnumen dewasa
ini yamg semakin beragam kareba adanya faktor perubahan budaya dan pergeseran paradigma global tentang utilitas produk.
Untuk mendapatkan FILE LENGKAP dalam bentuk MS-Word Mulai BAB 1 s.d. DAFTAR PUSTAKA, (bukan pdf) silahkan klik Cara Mendapatkan File atau klik disini